Senin, 25 April 2011

Gempa kendari, Gempa Gegerkan Masyarakat Kota Kendari

Foto gempa kendari
Foto terbaru gempa kendari
Foto gempa kendari terbaru



Kendari, Gempa yang menggoncang Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, hari ini sempat membuat panik seluruh masyarakat kotakendari. Hal ini dikarenakan ada isu bahwa gempa akan mengakibatkan tsunami, ditambah lagi kekuatan gempa yang lebih besar dari biasanya pernah terjadi. Jalanan menjadi macet seketika, banyak sekolah yang memulangka muridnya, suasana kampus juga menjadi lengang, sementara di berbagai SPBU antrian memanjang karea banyak yang hendak mempersiapkan bahan bakar jika terjadi sesuatu akibat dari gempa seperti kabar yang beredar, di beberapa tempat masyarakat juga ada yang terlihat sudah membawa barang-barangnya menuju ke daerah yang lebih tinggi, beberapa tempat yang dekat dengan teluk kendari warganya ada yang telah mengungsi membawa anggota keluarganya.

Ujian nasional (UN) setingkat sekolah menengah pertama (SMP) serentak dilakukan. Di Kendari, Sulawesi Tenggara UN batal dilakukan akibat gempa.

"Kami disuruh pulang, ujian nasional hari ini batal dan akan dilaksanakan besok," kata salah seorang siswa peserta ujian Arif dari SMP 10 Kendari di Kendari, Senin (25/4).

Mata pelajaran yang akan diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia. Akibat gempa, siswa peserta ujian nasional setingkat SMP berlarian meninggalkan ruangan. Mereka panik kembali ke rumah tetapi kesulitan karena tidak ada jemputan dan mobil angkutan penumpang sepi.

Kendari, Sultra diguncang gempa berturut-turut dirasakan warga sebanyak lima kali mulai pukul 06.07 WIB, gempa dengan kekuatan 6,0 Skala Richter (SR), tercatat mengguncang Kendari, Sulawesi Tenggara. Pusat gempa berada pada 4.40 derajat lintang selatan (LS) dan 122.82 bujur timur (BT) dengan kedalaman 18 kilometer.

Lokasi pusat gempa 55 kilometer tenggara Kendari, Sulawesi Tenggara, 120 kilometer timur laut Baubau, Sulawesi Tenggara, 265 kilometer tenggara Soroako, Sulawesi Selatan, dan 312 kilometer tenggara Singkang, Sulawesi Selatan.

Gempa susulan dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR), Senin pagi, kembali mengguncang Kendari. Situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut terjadi pada pukul 06.25 WIB.

Pusat gempa berada pada 4.11 derajat lintang selatan (LS) dan 122.61 bujur timur (BT) dengan kedalaman 20 kilometer.

Lokasi pusat gempa 16 kilometer tenggara Kendari, Sulawesi Tenggara, 150 kilometer timur laut Baubau, Sulawesi Tenggara, 226 kilometer tenggara Soroako, Sulawesi Selatan, dan 287 kilometer tenggara Singkang, Sulawesi Selatan.

Koordinator BMKG Sultra Adi Setiadi mengatakan kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Video Terbaru Gempa Kendari, video gempa kendari, gempa kendari video
Action0091.3gp - 190 KB
Action0093.3gp - 282 KB
Action0094.3gp - 283 KB

25/4/2011
sebagian sumber dari Berita liputan 6

0 komentar:

Posting Komentar

 
;